Berita

Kisel Raih Penghargaan Bappenas Sebagai Koperasi Membangun Infrastruktur



Kiprah Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel) kembali mendapat apresiasi. Kali ini Kisel mendapatkan Penghargaan Koperasi Penggerak Pembangunan Tahun 2017 dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas. Ajang ini diadakan Kementrian PPN/ Bappenas dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-70 yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi koperasi agar dapat menaikkan kontribusinya dalam pembangunan nasional serta meningkatkan kerjasama koperasi dengan pemerintah, dunia usaha, serta akademisi.

 

Dalam ajang ini, Kisel meraih penghargaan dalam kategori “Koperasi Membangun Infrastruktur”. Ketua Pengurus Kisel Tubagus Daniel Azhari hadir didampingi Sekretaris Pengurus Kisel Agus Munafi, menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro didampingi Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Agus Muharram, di Kantor Kementerian PPN/ Bappenas, Jln. Taman Suropati No.2, Menteng, Jakarta, pada Senin, 31 Juli 2017. “Terima kasih kepada Bappenas yang telah memberikan apresiasi ini. Semoga penghargaan ini dapat semakin memotivasi Kisel untuk terus bergerak maju, semakin berkembang, dan memberikan kontribusi yang setinggi-tingginya terhadap pembangunan Indonesia.” tutur Tubagus Daniel Azhari usai menerima penghargaan.

 

Seleksi peraih penghargaan ini, melibatkan berbagai pihak yakni tim Bappenas, Kementerian Koperasi dan UKM, akademisi, dan profesional.  Kriteria awal penentuan penerima penghargaan dimulai dari Online Database System (ODS) yang dimiliki Kementerian Koperasi dan UKM, di mana data tersebut mencakup tingkat aktivitas kinerja koperasi-koperasi di seluruh Indonesia. Dengan data tersebut, dihasilkan tiga kategori penerima penghargaan yakni Koperasi Berorientasi Ekspor, Koperasi Membangun Infrastruktur, Koperasi Simpan Pinjam dengan Pengelolaan Profesional, serta penghargaan khusus kepada Koperasi Sekunder yang Berkontribusi dalam Percepatan Pembangunan. Terdapat total 11 penerima penghargaan untuk seluruh kategori tersebut.  

 

Kisel yang masuk dalam kategori Koperasi Membangun Infrastruktur, memenuhi kriteria penilaian yang ditentukan dari:

1. Upaya inovatif yang telah dilakukan

2. Pendampingan produksi

3. Sinergi dan kemitraan dengan pemasok materi

4. Jaminan volume dan kualitas produksi

5. Pengembangan invoasi produk

6. Bantuan penguatan modal usaha anggota, dan

7. Perluasan jaringan kemitraan

 

Melalui hasil seleksi seperti dokumen profil perusahaan, catatan pencapaian, serta raihan penghargaan, Kisel pun dinyatakan berhak mendapatkan penghargaan tersebut.

 


Dalam sambutannya, Menteri PPN/ Kepala Bappenas menyatakan harapan bagi seluruh koperasi di Indonesia dan apresiasi bagi para penerima penghargaan. Disebutkan bahwa koperasi adalah salah satu faktor pendukung penting dalam perekonomian Indonesia. Koperasi dinilai mempunyai  potensi untuk menjadi penggerak utama ekonomi nasional di masa yang akan datang, di mana dalam 4 tahun terakhir, perkembangan koperasi telah menunjukkan perkembangan positif. “Pemerintah juga terus mendorong koperasi untuk berperan dalam pembangunan infrastruktur. Saya sangat menghargai Koperasi Telekomunikasi Selular atau Kisel yang telah memberikan pelayanan dalam pembangunan infrastruktur di bidang telekomunikasi.” ucapnya saat memberikan sambutan.

 

Sementara Sekertaris Menteri Koperasi dan UKM, Agus Muharram  yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM Ridisebutkan bahwa ajang penghargaan ini merupakan suatu pengakuan bahwa koperasi perannya semakin besar dalam pembangunan. “Mulai terbukti sekarang koperasi sudah benar-benar diakui sebagai tiga pilar kekuatan ekonomi Indonesia yaitu koperasi, BUMN, dan swasta. Jika yang memberikannya adalah Bappenas yakni badan yang merencanakan pembangunan, artinya para penerima penghargaan ini bisa dikatakan sebagai koperasi yang bergengsi.” tuturnya saat mengawali sambutan.

 

Dengan diraihnya penghargaan ini, Kisel bertekad untuk semakin maju, berkembang, dan berkontribusi sebanyak-banyaknya sebagai roda penggerak ekonomi bangsa. Kisel pun terus berupaya untuk senantiasa menghadirkan inovasi bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi serta tak lupa untuk semakin berusaha meningkatkan kesejahteraan anggotanya.