Berita

SALES ON SHIP TEMANI PEMUDIK DI KAPAL PELNI


Mudik adalah salah satu ritual wajib di Indonesia. Jelang akhir Ramadhan, masyarakat Indonesia berbondong bondong mudik, baik melalui jalur darat, laut, dan udara. Selain perbekalan dan stamina tubuh yang kuat, ada hal penting lain yang juga harus hadir yakni kemudahan berkomunikasi. Untuk para pemudik jalur laut, Telkomsel menjadi satu satunya provider yang bekerjasama dengan PT. Pelni, dan kembali menghadirkan program Sales on Ship (SoS) tahun ini untuk memberikan layanan komunikasi Telkomsel yang berkualitas prima meskipun penumpang tengah menyeberangi lautan. Dalam menjalankan program SoS ini, Kisel kembali dipercaya sebagai aggregator. Kepercayaan tersebut telah dipegang Kisel sejak 2011. “SoS bertujuan untuk penetrasi di kapal – kapal Pelni yang sudah dilengkapi BTS Telkomsel. Program ini juga selaras dengan program Divisi Sales and Channel Kisel yaitu pendistribusian produk Telkomsel dan meningkatkan revenue.” tutur Tyas Adistis selaku Manager Merchant Acqusition & Patnership Sales & Channel Development Kisel, yang juga bertindak sebagai leader tim SoS.  Hasilnya cukup menggembirakan. Transaksi penjualan pengisian pulsa dan kartu perdana di YKPP Pelni tahun ini meningkat, bahkan mencapai 5 milyar rupiah dalam waktu 1 minggu. Tidak hanya bertransaksi, program SoS juga memberikan reward kepada penumpang dan anak buah kapal.

 

Kegiatan SoS kali ini hadir di KM Cermai dengan rute penyebrangan Makasar - Surabaya. Kapal tersebut diisi 1400 pemudik yang sebagian besar merupakan perantau dari Jawa yang bekerja di Sulawesi dan wilayah Indonesia timur lainnya.  yang hendak mudik pulang kampung. Kapal yang dinahkodai Capt. J.Y Adrianus tersebut bertolak dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar tanggal 16 Juni 2017 sekitar pukul 21.00 WITA, dan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tanggal 17Juni 2017 dini hari, sekitar pukul 20.30 WIB. Kehadiran Team SoS disambut dengan baik karena dinilai sangat bermanfaat baik bagi penumpang dan awak kapal. Mereka mengakui kebutuhan berkomunikasi di atas kapal masih didukung sinyal yang baik bahkan saat melintasi pulau-pulau kecil sekalipun.

 

“Dengan adanya BTS Telkomsel di atas kapal Pelni, mempermudah penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) untuk berkomunikasi dengan keluarga, memberi kabar untuk keterlambatan atau kendala cuaca serta melakukan koreksi dalam pelayaran dan ketika ada hal-hal emergency untuk hubungan ke darat lebih cepat. Sales on Ship sendiri secara tidak langsung mengenalkan KM. Cermai ke publik, sedangkan untuk kegiatan sales dan edukasi yang disampaikan memang tepat dan dibutuhkan penumpang di kapal Pelni”. tutur nahkoda KM Cermai, Capt. J.Y. Adrianus. “Kebutuhan pengisian pulsa itu sudah sepenting kebutuhan sembako. Jadi, kami berharap dengan kegiatan ini, pelayanan terus meningkat terutama untuk jaringan internet yang penting bagi awak kapal dalam memberikan laporan melalui email.” tambahnya.

 

Dengan tema “Nelpon Semurah di Darat”, tim SoS gencar menyosialisasikan fitur Talk Mania Kapal yang memudahkan penumpang kapal berkomunikasi karena tarifnya sama dengan Talk Mania Darat. Selain itu, tim SoS juga bagi bagi doorprize bagi penumpang dan anak buah kapal yang mengaktifkan fitur TM Kapal dan pembelian perdana di atas kapal.