Berita

RAPAT ANGGOTA 6-7 DESEMBER 2016 ke 1


Sustainable Growth Through Strengthening Main Business, Enhance Organizational Capabilities & Extensive Partnership

Pada selasa tanggal 6 Desember 2016 lalu, Koperasi Telekomunikasi Seluler (“Kisel”) menggelar Rapat Anggota (“RA”) Tahun 2016 yang bertempat di Novotel Bogor GolfResort & Convention Center, Bogor, Jawa Barat. Rapat yang berlangsung hingga Rabu tanggal 7 Desember 2016 tersebut, dihadiri oleh 51 (lima puluh satu) anggota dari 65 (enam puluh lima) undangan Perwakilan Anggota (“PA”) periode tahun 2015- 2018. Dalam acara tersebut turut hadir Pejabat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (“Kemenkop”), Bapak Salekan, Pembina Kisel serta para Dewan Pengawas dan Pengurus Kisel.

Dengan mengangkat tema Sustainable Growth Through Strengthening Main Business, Enhance Organizational Capabilities & Extensive Partnership, diharapkan Kisel terus tumbuh berkembang melalui penguatan usaha-usaha utama, meningkatkan kemampuan organisasi dan memperluas kerjasama kemitraan.

Rapat Anggota, diawali dengan pembacaan doa yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Pengawas Kisel, M. Hasbi Hasibuan. Pada sambutannya, Bapak M. Hasbi Hasibuan mengungkapkan apresiasi terhadap rekan-rekan Pengurus atas kinerja cemerlang dalam operasional sehari-hari guna kemajuan Kisel. Bapak Heri Supriadi selaku Dewan Pembina Kisel, pada sambutannya mengutarakan harapannya agar Kisel selalu mencari peluang-peluang eksternal melalui beragam cara, seperti partnership, serta mampu melihat value chain guna meraih keuntungan-keuntungan yang bermanfaat bagi bisnis Kisel ke depannya.

Pembukaan RA Tahun 2016 ditandai dengan prosesi pemukulan gong yang dilakukan oleh Pembina Kisel didampingi Ketua Pengurus Kisel, Tubagus Daniel Azhari, Ketua Dewan Pengawas, dan Pejabat Kemenkop. Rapat Anggota kali ini memiliki 3 (tiga) agenda utama, yaitu: (i) Pembahasan dan Penetapan RKAP Kisel Tahun 2017; (ii) Tindak lanjut hasil RAT Kisel Tahun Buku 2015; dan (iii) Update dan pembahasan Bisnis Sales dan Channel Management.

Dipimpin oleh Bapak Wawan Setiawan sebagai Ketua Sidang, Bapak Surya Hamdani sebagai Wakil Ketua Sidang, dan Bapak M. Darmawan sebagai Perumus, RA Kisel Tahun 2016kali ini menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

1. Target Revenue 2017 adalah sebesar Rp 6,2 Triliun; Target EBITDA 2017 adalah sebesar Rp 131,4 Miliar; dan Target Net Profit Margin 2017 adalah sebesar Rp 71,3 Miliar;

2. Komponen-komponen yang terkait Keanggotaan seperti perhitungan Sisa Hasil Usaha (“SHU”), simpanan, dan cadangan anggota diinformasikan lebih lengkap dan detail di dalam website layanan anggota;

3. Berdasarkan pertimbangan teknis dan biaya serta pemahaman baru setelah mendapat sharing dari Pejabat Kemenkop pada RA terkait Permen No. 10 Tahun 2015 Pasal 3 Ayat 2 Huruf E, nama Koperasi Telekomunikasi Seluler yang sebelumnya telah disepakati perubahannya pada Rapat Anggota Tahunan (“RAT”) Tahun 2016, diputuskan untuk tidak dirubah;

4. Target transformasi tahun 2017 adalah kemandirian PT Kinarya Alihdaya Mandiri, yang sekaligus adalah implementasi atas action plan terkait pelaksanaan business plan, penempatan karyawan serta pola sinergi dan partnership; dan

5. Implementasi dan perbaikan internal process pada aspek organization and people, system application, system operation and procedure, dan internal audit.

Rapat Anggota Kisel 2016 yang berakhir pada Rabu tanggal 7 Desember 2016 tersebut, ditutup dengan penandatanganan Berita Acara (“BA”) hasil Keputusan Rapat Anggota oleh Ketua Sidang, Ketua Pengawas dan Ketua Pengurus yang disaksikan oleh Perwakilan Anggota. Dengan keputusan Rapat Anggota Kisel Tahun 2016, diharapkan Kisel dapat meningkatkan bisnis usaha, pelayanan kepada anggota, serta semangat dan kinerjanya di tahun 2017.